Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KONSELING KARIR TERHADAP SELF EFFICACY (EFIKASI DIRI) PADA MAHASISWA POLITEKNIK LP3I PEKANBARU

IMELDA NOVRIANTI, - (2024) PENGARUH KONSELING KARIR TERHADAP SELF EFFICACY (EFIKASI DIRI) PADA MAHASISWA POLITEKNIK LP3I PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Imelda Novrianti Program Studi : Bimbingan Konseling Islam Judul : Pengaruh Layanan Konseling Karir Terhadap Self Efficacy (Efikasi Diri) Pada Mahasiswa Politeknik LP3I Pekanbaru. Pada hakikatnya, mahasiswa merupakan seorang individu yang sedang menempuh jenjang pendidikan perguruan tinggi yang dimana terdiri dari akademik, sekolah tinggi, politeknik institut dan universitas. Permasalahan yang kerap kali dihadapi oleh mahasiswa saat ini salah satunya kebingungan dalam menentukan karir. Salah satu fokus kualitas mahasiswa yang harus dipertimbangkan oleh perguruan tinggi adalah setiap lulusannya bisa diserap oleh dunia kerja. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh Layanan Konseling Karir Divisi Cooperation and Placement (C&P) di Politeknik Lp3i Pekanbaru terhadap mahasiswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre eksperimen dengan menggunakan one sample t-test. Desain penelitian didalam penelitian ini adalah one group pre-test post-test design. Pengolahan data didalam penelitian ini menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25. Penelitian dilakukan di Politeknik LP3I Pekanbaru.Jumlah sampel yang diberikan treatment yaitu 10 orang. Kuesioner diberikan terlebih dahulu/pretest sebelum diberikan treatment, dan mendapatkan nilai rata-rata atau mean 79,20. Kemudian dilakukan eksperimen sebanyak 4 kali, setelah itu diberikan kuesioner posttest dan mendapatkan nilai rata-rata atau mean 101,20. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasional, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pretest dan posttest dan nilai signifikansi 000. Data diolah menggunakan program SPSS versi 25, dan nilai signifikansi 0000,5 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh variabel bebas (layanan konseling karir) terhadapt variabel terikat (efikasi diri) dan hipotesisnya diterima (Ha). Ketidakmampuan individu dalam membuat keputusan karir dapat dipengaruhi oleh efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir. Pengaruh layanan konseling karir terhadap efikasi diri diantaranya diharapkan mahasiswa membuat minat dan ketertarikannya pada suatu pekerjaan, memiliki informasi terkait pekerjaan yang akan dipilih, dan membantu membuat karir yang tinggi. Kata Kunci : Layanan Konseling Karir, Efikasi Diri, Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorREIZKI MAHARANI, M.Pd, -2022059302reizkimaharani@uin-suska.ac.id
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 158 Psikologi Terapan > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 28 Mar 2024 00:37
Last Modified: 28 Mar 2024 00:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78196

Actions (login required)

View Item View Item