Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAAN POP UP BOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA BABUSSALAM PEKANBARU

VINA JUNIO DAHLI ERLIN, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAAN POP UP BOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Vina Junio Dahli Erlin, (2023) : ”Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaraan Pop Up Book terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X SMA Babussalam Pekanbaru” Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pop Up Book terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas X SMA Babussalam Pekanbaru. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaan pop up book. Media pop up book ini digunakan untuk meningkatkan aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pop Up Book ini merupakan sebuah kartu atau buku yang ketika dibuka bisa menampilkan 3 dimensi atau timbul. Pop-Up Book ini dirancang dengan kreasi sekreatif mungkin sehingga mampu menumbuhkan minat dan meningkatkan hasil belajar siswa yang akan berdampak pada hasil belajar siswa salah satunya dalam mata pelajaran geografi. Selain itu akan membantu guru dalam kegiatan belajar siswa supaya lebih mudah dalam mengimplementasikan contoh secara lebih konkret. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Babussalam Pekanbaru yang berjumlah 36 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan angket. Pada siswa pre test Eksperimen skor rata-rata sebesar 46,77 dan Post Test Eksperimen skor rata-rata sebesar 51,72. Jika di hitung persentasi yang diperoleh, maka dapat dilihat besar kenaikan 10,58%. Sedangkan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan Media Pembelajaraan Pop Up Book menunjukkan Pre Test Kontrol skor rata-rata 43,05 dan Post Test Kontrol skor rata-rata 46,33. Jika dihitung persentasi yang diperoleh, maka dapa dilihat besar kenaikan 7,61%. Nilai effect size dalam penelitian ini sebesar 0,71. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Pop Up Book, Motivasi Belajar, Pelajaran Geografi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHUTRI RIZKI AMELIA, M.Pd.,, -2018089205Hutririzkiamelia.m.pd@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:12
Last Modified: 21 Mar 2024 01:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78125

Actions (login required)

View Item View Item