Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Experiental Learning terhadap Kreatifitas Siswa pada Pembelajaran Geografi Di MA Darul Hikmah Pekanbaru

Hisyam Muhaekal, - (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Experiental Learning terhadap Kreatifitas Siswa pada Pembelajaran Geografi Di MA Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)

Abstract

ABSTRAK Hisyam Muhaekal, (2023) : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Experiental Learning terhadap Kreatifitas Siswa pada Pembelajaran Geografi Di MA Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan Exspriental Learning terhadap kreatifitas belajar siswa pada pelajaran Geografi siswa kelas XI IPS di MA Darul Hikmah Pekanbaru. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 42 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik dengan Deskriptif, Uji- t dan Effect Size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatnya kreatifitas belajar siswa pada materi ketahanan pangan dengan menerapkan model pembelajaran Experiental Learning. Hal ini dapat di lihat dari skor rata-rata kelas Eksperimen pre test sebesar 63,61 menjadi 74,76 pada nilai post test dengan persentase kenaikan 17,52% , Sedangkan pada kelas kontrol skor rata-rata pre test sebesar 64,31 menjadi 69,18 pada nilai post test dengan persentase kenaikan 7,57%. Berdasarkan analisisi uji-t antara kelas kontrol dan eksperimen di peroleh signatifkan 0,000 lebih kecil dari 5% (0,000 < 0,05), Berdasarkan Uji effect size di peroleh nilai sebesar 0,86% yang memiliki effek Tinggi (Large). Kata Kunci : Experiental Learning, Kreatifitas, Ketahanan Pangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHendra Saputra, M.Pd, -2023088701hendra.tanjung.agung@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:55
Last Modified: 19 Mar 2024 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78101

Actions (login required)

View Item View Item