Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Retensi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Al-Kifayah Riau

Sefiana Wilianca, - (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Retensi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Al-Kifayah Riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SEFIA REVISI SIDANG_removed.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI SEFIA REVISI SIDANG-57-82.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)

Abstract

ABSTRAK Sefiana Wilianca, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Retensi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Al-Kifayah Riau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap Retensi siswa di MTs Al-Kifayah Riau. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mengingat siswa pada mata pelajaran IPS. Salah satunya disebabkan karena sebagian siswa hanya berkepentingan belajar ketika ujian saja dan masih terdapat guru yang masih menggunakan strategi dan metode yang mengacu pada zaman dahulu, bersifat Teacher center bukan student center. Sehingga membuat siswa mononton terhadap apa yang disampaikan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment desain (Non Equivalent Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII, Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji Independent Sample t-Test). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa Retensi siswa pada mata pelajaran IPS pada kelas eksperimen menggunakan Model Pembelajaran Take and Give memperoleh kategori lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 88,07 dan kelas kontrol sebesar 75,97. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent sample t-test diperoleh t hitung > t tabel yaitu 5,518 > 2,05 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima Ho ditolak. Kata Kunci: Take and Give, Retensi dan Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Sukma Erni, M.Pd, -2015056801sukmaerni@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Mar 2024 05:25
Last Modified: 29 Apr 2024 23:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78075

Actions (login required)

View Item View Item