Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATERI POSISI STRATEGIS INDONESIA DAN POTENSI SUMBER DAYA ALAM DI SMA BABUSSALAM

VIA ELISA RADITHA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATERI POSISI STRATEGIS INDONESIA DAN POTENSI SUMBER DAYA ALAM DI SMA BABUSSALAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VIA ELISA RADITHA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)

Abstract

ABSTRAK Via Elisa Raditha (2023) : Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Materi Posisi Strategis Indonesia dan Potensi Sumber Daya Alam di SMA Babussalam Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sterategi pembelajaran PQ4R padan mata pelajaran geografi dan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran PQ4R Terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi letak indonesia secara astronomis di SMA Babussalam. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI1, kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R), XI2sebagai kelas control yang menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik dengan uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis dan Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan minat belajar pada materi Letak Indonesia Secara Astronomis. Hal ini dapat di lihat dari skor rata-rata kelas Eksperimen pre test sebesar 61,61 meningkat menjadi 71,38 pada nilai post test dengan persentase kenaikan 15,85%, sedangkan pada kelas kontrol skor rata-rata pre test sebesar 62,55 meningkat menjadi 67,11 pada nilai post test dengan persentase kenaikan 7,29%. Kata Kunci : Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review, Minat Belajar, Posisi Strategis Indonesia danPotensi Sumber Daya Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDrs. Akmal, M.Pd., -2012036501akmal@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Feb 2024 06:29
Last Modified: 29 Feb 2024 06:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78023

Actions (login required)

View Item View Item