Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSPADA POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Riska Rahmi (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSPADA POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201230.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untukmengetahuimelaluipenerapanmodelpembelajaranterbalik (Reciprocal Teaching) dapatmeningkatkanhasilbelajar IPSBelajarsiswapadapokokbahasanPerjuanganMempertahankanKemerdekaan Indonesia padasiswakelas V SDN 009 TeratakKecamatanRumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah tindakan kelas. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Apakah melaluimodel pembelajaranterbalik(Reciprocal Teaching) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada pokokbahasanPerjuanganMempertahankanKemerdekaan Indonesia padasiswakelas V SDN 009 TeratakKecamatanRumbio Jaya Kabupaten Kampar. PenelitianinidirencanakanpadabulanMei sampaidenganbulanJuli2011.Bentukpenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Instrume npenelitianiniterdiriatas instrument perangkatpembelajarandan instrument pengumpulan data berupalembarobservasiaktivitasBelajarsiswa. Penelitianinidilakukanlima kali pertemuan. Satupertemuantanpatindakandanempat kali pertemuanmelaluitindakan.UntukmengetahuipeningkatanaktivitasBelajarIlmuPengetahu anSosial (IPS) siswa, maka data tersebutdianalisisdenganmemperhatikanindikatoraktivitasBelajarsiswasebelumtindakand ansesudahtindakandenganmenggunakanteknikpersentase.Darihasiltersebutdapatdiketahu iapakahterjadipeningkatanatautidakaktivitasBelajarsiswadarisetiapsiklus yang telahdilaksanakan.JikaaktivitasBelajarIlmuPengetahuanSosial (IPS) siswadanmasingmasingindikatornyasudahberkategorikuatdenganangkapersentase ≥ 75%, makasiswadapatdikatakantelahmemilikiaktivitasbelajar yang baikselama proses pembelajaran. Berdasarkanhasilpenelitianini, rata-rata persentasehasilBelajarsiswapadasikluspertamacukupbaikdengan rata-rata 66,11%. Padasikluskeduanaikmenjadi 84,44% denganklasifikasisangattinggidanmencapaistandardarinilaiindikatoryang ditetapkan. Olehkarenaitutingkatkeberhasilantelahmelebihi 75% darijumlahseluruhsiswa.Artinya,sebagianbesarsiswatelahmencapai KKM yang telahditetapkan.DengandemikiandapatdisimpulkanPenerapanModelPembelajarandapat meningkatkanhasilbelajar IPS padapokokbahasanPerjuanganMempertahankanKemerdekaan Indonesia padasiswakelas V SDN 009 TeratakKecamatanRumbio Jaya Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:07
Last Modified: 21 Sep 2016 13:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7801

Actions (login required)

View Item View Item