Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Faktor Pendukung yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X MAN 03 Kota Pekanbaru.

Aisyah Ajad,, - (2024) Analisis Faktor Pendukung yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X MAN 03 Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
A. RISFANI_removed.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
A. RISFANI-62-124.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aisyah Ajad, (2023) : Analisis Faktor Pendukung yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X MAN 03 Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor pendukung keluarga mempengaruhi keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi kepada informan utama dan informan tambahan. Data yang diperoleh dianalisa dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Diketahui hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh apa saja dari faktor pendukung keluarga dalam berbagai indikator seperti cara orangtua mendidik, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga dan relasi antar anggota keluarga yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keluarga merupakan hal utama dalam meningkatkan hasil belajar siswa terutama dari cara orang tua mendidik, suasana rumah, relasi antar anggota keluarga dan keadaan ekonomi keluarga yang mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar siswa. Dukungan dan perhatian yang diberikan orangtua dalam memotivasi siswa belajar baik itu dirumah maupun disekolah, suasana rumah yang nyaman dan adanya interaksi antar anggota keluarga dirumah yang baik serta pemberian fasilitas belajar yang berguna mempengaruhi dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa. Kata kunci : faktor pendukung keluarga, keberhasilan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHendra Saputra, M.Pd, -2023088701hendra.saputra@uin.suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:31
Last Modified: 21 Feb 2024 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77968

Actions (login required)

View Item View Item