Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAMMEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SATU ATAP SIGARUNTANG

NANDA SULAIMAN, - (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAMMEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SATU ATAP SIGARUNTANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nanda Sulaiman, (2023): Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap Sigaruntang Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMP Negeri Satu Atap Sigaruntang, faktor-faktor pendukung dan juga faktor-faktor penghambatnya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Informan penelitian guru Pendidikan Agama Islam sebagai informan utama, dan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Kurikulum sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Faktor pendukung yaitu komunikasi yang baik guru dengan siswa, keteladanan dari guru, dan motivasi dari guru. Faktor penghambat yaitu kurangnya minat anak dalam mempelajari hal tertentu, kurangnya pemahaman siswa terhadap yang disampaikan, faktor lingkungan keluarga dan lingkungan teman. Sebagai teori menurut Pidarta, dan MI. Soelaeman guru merupakan sebagai penegak disiplin. Buku Mohamad Mustari dalam konteks sekolah disiplin dapat diperoleh ketika mengikuti peraturan-peraturan disekolah. Hasil data diperoleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin siswa bahwa guru mengingatkan siswa untuk segera pergi ke sekolah sesuai waktu, memberikan motivasi kepada siswa agar mereka tidak mengeluh, mengingatkan siswa untuk menyelesaikan tugas PR mereka sesuai waktu, membantu siswa memahami peraturan-peraturan yang berlaku, mengajarkan siswa untuk bersikap baik saat berada di sekolah, mengingatkan siswa untuk tiba dan pulang dari sekolah sesuai waktu yang ditentukan, mengingatkan siswa untuk patuh pada tata tertib sekolah, mengingatkan siswa untuk mengumpulkan tugas sesuai waktu, serta menggunakan bahasa yang benar dan baik, mengingatkan siswa untuk memakai seragam sekolah yang rapi sesuai dengan harinya, dan mengingatkan siswa untuk membawa perlengkapan belajar yang sesuai dengan mata pelajaran. Kata Kunci :Peran, Guru PAI, Karakter Disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:16
Last Modified: 06 Feb 2024 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77911

Actions (login required)

View Item View Item