Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BOWLING KAMPUS TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN MIFTAH KHAIRIL UMMAH

YONI JULIANI, - (2024) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BOWLING KAMPUS TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN MIFTAH KHAIRIL UMMAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Yoni Juliani, (2023): Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Bowling Kampus terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Miftah Khairil Ummah Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran Aktif Bowling Kampus terhadap pemahaman Siswa pada mata pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Miftah Khairil Ummah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design, dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang mengikuti pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Miftah Khairil Ummah berjumlah 35 Siswa. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian ini ialah kelas VIII B berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII A berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan pemahaman siswa antara penerapan strategi pembelajaran Aktif Bowling Kampus dengan metode diskusi pada mata pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Miftah Khairil Ummah. Dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% (3.877) > 1,692. Hal ini berarti ada pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajaran Aktif Bowling Kampus pada mata pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Miftah Kahiril Ummah. Hasil Mean Skor kelas eksperimen 82.85 lebih tinggi dari kelas kontrol 73.13. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif, Bowling Kampus, Pemahaman Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2024 09:06
Last Modified: 31 Jan 2024 09:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77894

Actions (login required)

View Item View Item