Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII DI SMA AL-HUDA PEKANBARU

SYARIFAH ZILFADILLAH, - (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII DI SMA AL-HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Syarifah Zilfadillah (2023): Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Al-Huda Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS A yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS B yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap motivasi belajar siswa di SMA Al-Huda Pekanbaru. Memiliki hasil uji-t kelas eksperimen pre-test dan post-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Hal ini berarti Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question Read, Reflect, Recite, Review) berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran geografi yaitu sebesar 2,07 yang memiliki efek tinggi (Strong Effect). Jika dihitung persentasi yang diperoleh, dapat dilihat besar kenaikan motivasi belajar siswa 37,18%. Keyword : Strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review), Motivasi belajar, Pelajaran geografi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:46
Last Modified: 31 Jan 2024 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77893

Actions (login required)

View Item View Item