Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA HIDROSFER DI SMA NEGERI 1 BANDAR PETALANGAN

SITI ZALIKA ARMANDA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA HIDROSFER DI SMA NEGERI 1 BANDAR PETALANGAN. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SITI ZALIKA ARMANDA (2023) :PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA HIDROSFER DI SMA NEGERI 1 BANDAR PETALANGAN Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran diskursus Multirepresentasi dengan yang tanpa menggunakan model pembelajaran diskursus Multirepresentasi siswa kelas X pada materi dinamika hidrosfer di SMA Negeri 1 Bandar Petalangan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X1, kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Diskursus Multirepresentasi (DMR), dan X2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik dengan uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis dan Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan model DMR terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Bandar Petalangan memiliki memiliki nilai 0,78 maka dikategorikan efek sedang (Moderate Effect). Jika dihitung persentasi yang diperoleh, dapat dilihat besar kenaikan dengan menggunakan rumus = selisih angka/ nilai sebelumnya x 100% sehingga diperoleh besar kenaikan 39,80%. Kata kunci : Model Pembelajaran Diskursus Multirepresentasi , Hasil Belajar, Pelajaran Geografi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:29
Last Modified: 29 Jan 2024 04:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77833

Actions (login required)

View Item View Item