Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR

YANDA IGUSTIANI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)

Abstract

YANDA IGUSTIANI (2023) : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Window Shopping terhadap minat belajar siswa pada materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia kelas XI di SMAN 1 Kampar Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Kampar Timur yang terdiri dari sepuluh kelas, yaitu XI 1 sampai XI 10. Sampel penelitian ditentukan secara purposive, yaitu siswa kelas XI 9 untuk kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran Window Shopping dan siswa kelas XI 10 untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Pengumpulan data dilakukan dengan pretes dan postes minat belajar siswa, dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan statistik parametrik dengan uji T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajan Window Shpping pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar pada materi posisi strategis indonesia sebagai poros maritim dunia. Rata-rata peningkatan minat belajar siswa (pretes dan postes) pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan perbandingan sebesar 31,16 % dan 3,32%. Kata Kunci : Minat Belajar,Model Pembelajaran Window Shopping, Poros Maritim Dunia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2024 15:14
Last Modified: 26 Jan 2024 15:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77748

Actions (login required)

View Item View Item