YUNI RAHAYU, - (2024) HUBUNGANANTARAKETERAMPILAN MENGAJAR GURUDENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP PUTRA MANDIRI KECAMATAN BANDAR PETALANGAN KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
Abstract
YUNI RAHAYU (2023) : HUBUNGANANTARAKETERAMPILAN MENGAJAR GURUDENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP PUTRA MANDIRI KECAMATAN BANDAR PETALANGAN KABUPATEN PELALAWAN Penelitian ini di latarbelakangi oleh masalah motivasi belajar siswa yang terjadi pada Sebagian siswa di SMP Putra Mandiri Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan. Terdapat beberapa permasalahan yaitu ketika pembelajaran masih adanya sebagian Siswa yang berbicara ketika kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung, masih adanya sebagian Siswa yang tidak mencatat hal-hal penting yang disampaikan guru Bahasa Indonesia, masih ada sebagian Siswa yang permisi keluar masuk ketika Pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung, adanya siswa yang tidur saat proses belajar mengajar, kurangnya keinginan untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa di SMP Putra Mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kolerasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX SMP Putra Mandiri, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di SMP Putra Mandiri. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa, sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini diambil dari keseluruhannya yaitu 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diketahui adanya pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di SMP Putra Mandiri. Hal ini diketahui bahwa hasil analisis regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi 0,000, maka 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis penelitian diterima. Artinya ada hubungan antara keterampilan mengajar guru sebesar 0,304 atau 30,4%, sedangkan sisanya 69,6 dipengaruhi oleh hal-hal lain. Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 02:45 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 02:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77714 |
Actions (login required)
View Item |