Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PENGASUHAN ORANG TUA DALAM MENGATASI PRILAKU SIBLING RIVALRY PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS KELUARGA DI DESA RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR)

DINI HAFIZAH, - (2024) STRATEGI PENGASUHAN ORANG TUA DALAM MENGATASI PRILAKU SIBLING RIVALRY PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS KELUARGA DI DESA RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR). Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)

Abstract

DINI HAFIZAH (2023) : STRATEGI PENGASUHAN ORANG TUA DALAM MENGATASI PRILAKU SIBLING RIVALRY PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS KELUARGA DI DESA RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR) Masa kanak-kanak merupakan masa yang disebut sebagai masa Golden Age bagi anak. Periode ini merupakan periode pertumbuhan dan perkembangan anak dimana anak harus mendapatkan perhatian dari keluarga terutama orang tua.Salah satu masalah yang mungkin terjadi pada masa pertumbuhan anak adalah munculnya sifat sibling rivalry. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi Pengasuhan Orang Tua Dalam Mengatasi Prilaku Sibling Rivalry Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Keluarga Di Desa Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar)?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di Desa Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dimana subjek dalam penelitian ini meliputi 3 keluarga dengan objek sikap anak usia dini yang memiliki prilaku sibling rivalry. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang langsung didapatkan dari wawacara langsung dengan orang tua anak dan data sekender yang diambil dari buku, jurnal dan karya ilmiah lainnya. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa ada beberapa anak usia dini di Desa Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar yang memiliki sikap sibling rivalry seperti pertengkaran antar saudara, kecemburuan, merasa tidak disayang oleh orang tua dan sikap egois, suka marah-marah dan memukul dimana hal tersebut dipicu karena kurangnya waktu orang tua dengan anak, adanya pemberian perhatian dan pembelaan terhadap anak yang tidak setara serta adanya pengaruh dari luar. Dalam hal ini strategi yang digunakan oleh orang tua dalam mengatasi sibling rivalry pada anak usia dini di Desa Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar adalah dengan mengajarkan kemandirian terhadap anak seperti mandi sendiri, makan, serta tidur. Orang tua juga memberikan nasehat dan mengajari anak untuk lebih pengertian. Kata Kunci: Strategi, Sibling rivalry dan Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:58
Last Modified: 25 Jan 2024 05:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77659

Actions (login required)

View Item View Item