NADIA KHOIRANA PUTRI, - (2024) EFEKTIVITAS METODE KOMUNIKATIF DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA SMAIT AZ- ZUHRA ISLAMIC SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
SKRIPSI NADIA KHOIRANA PUTRI.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nadia Khoirana Putri, (2023) : Efektivitas Metode Komunikatif dengan menggunakan teknik Bermain Peran untuk meningkatkan keterampilan Berbicara Bahasa Arab siswa SMAIT Az- Zuhra Islamic School Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan Metode Komunikatif dengan menggunakan teknik Bermain Peran untuk meningkatkan keterampilan Berbicara Bahasa Arab siswa SMAIT Az-Zuhra Islamic School Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Metode Komunikatif dengan menggunakan teknik Bermain Peran Efektif untuk meningkatkan keterampilan Berbicara Bahasa Arab siswa SMAIT Az-Zuhra Islamic School Pekanbaru?. Objek dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab ,sedangkan subjeknya adalah seluruh siswa kelas sepuluh di SMA IT Az-Zuhra Islamic School Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 32 orang dan sampelnya adalah siswa kelas X -1 = 16 dan X-2 = 16 yang berjumlah 32 siswa. instrument yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil pre test dan post test di kelas eksperimen peneliti mendapatkan nilai 9,7 dan pada kelas control peneliti mendapatkan nilai 12. Berdasarkan analisis data menggunaan rumus ttest, di peroleh thitung = 3,50. lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 1% = 2,45 dan taraf signifikan 5% = 1,69. Sehingga H0 di tolak dan Ha di terima, yang berarti adanya peningkatan yang signifikan antara Metode Komunikatif dengan menggunakan teknik Bermain Peran untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara bahasa Arab. Begitu juga pada tabel observasi, pendekatan komunikatif menggunakan Teknik bermain peran mendapatkan nilai 94,8% dengan arti bagus sekali karena terletak pada taraf signifikan 90% - 100%. Dengan data tersebut, Metode Komunikatif dengan menggunakan teknik Bermain Peran di nyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa arab di SMAIT Az-Zuhra Islamic School pekanbaru. Kata kunci : Pendekatan Komunikatif, teknik Bermain Peran, berbicara
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 04:43 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77637 |
Actions (login required)
View Item |