Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI TUAH KEMUNING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Arni Marina Sapitri, Arni (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI TUAH KEMUNING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)

Abstract

Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yan menggunakan masalah didunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment yang dilakukan dua kelas, yaitu kelas Eksperiment dan kelas kontrol group dengan desain posttest.Adapun tempat pelaksanaan penelitian adalah di SMA Negeri Tuah Kemuning.Subjek Penelitian Adalah Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri Tuah Kemuning. Sedangkan Objek Penelitian Ini Adalah Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri Tuah Kemuning tahun pelajaran 2023/2024 yaitu sebanyak 72 yang terdiri dalam 2 kelas yaitu kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2. Teknik pengumpulan data ada tiga yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil rekapitulasi observasi penerapan pembelajaran Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas eksperimen dilakukan oleh guru dengan sangat baik dengan persentase sebesar 96,8%. Hasil pengujian hipotesis sample test (uji hipotesis) menunjukan bahwa nilai probabilitas (signifikansi) adalah .011. Karena nilai signifikansi 0.011< α = 0.05, maka Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:50
Last Modified: 25 Jan 2024 04:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77618

Actions (login required)

View Item View Item