Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMAN 1 BUNGARAYA TAHUN AJARAN 2023/2024

ANITA RATNASARI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMAN 1 BUNGARAYA TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BABIV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASILPENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)

Abstract

ANITA RATNASARI (2023) : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMAN 1 BUNGARAYA TAHUN AJARAN 2023/2024 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMAN 1 Bungaraya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII IPS yang berjumlah 90 siswa. Sampel dari penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terbagi atas dua kelas yaitu 29 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan pertimbangan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya mendekati sama. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa dikelas XII, sedangkan objek pada penelitian ini adalah proses pelaksanaan penerapan model pembelajaran Treffinger sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger . hal ini dapat ditunjukan dengan Thitung˃Ttabel baik taraf 5% maupun 1% (1,673˂12,456˃2,003) dan nilai sig.˂ 0,05 (,000˂0,05) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji Effect Size menunjukan besaran pengaruh hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi adalah 3,18 yang tergolong besar. Kata Kunci: Treffinger, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:56
Last Modified: 25 Jan 2024 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77606

Actions (login required)

View Item View Item