Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH JUAL BELI IKAN DENGAN CARA TAKSIR (JIZAF) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PASAR TRADISIONAL KERITANG KECAMATAN KEMUNING INDRAGIRI HILIR DALAM PRESEPEKTIF EKONOMI SYARIAH

TRI ANANDA NUR AZIZAH WP, - (2023) PENGARUH JUAL BELI IKAN DENGAN CARA TAKSIR (JIZAF) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PASAR TRADISIONAL KERITANG KECAMATAN KEMUNING INDRAGIRI HILIR DALAM PRESEPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TRI ANANDA NUR AZIZAH WP.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK TRI ANANDA NUR AZIZAH WP (2023) : Pengaruh Jual Beli Ikan Dengan Cara Taksir (Jizaf) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pasar Tradisional Keritang Kecamatan Kemuning Indragiri Hilir Dalam Persepektif Ekonomi Syariah Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya beberapa pedagang ikan di Pasar Tradisional Keritang. Jual beli jizāf tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak kebiasaan masyarakat dalam konteks transaksi jual beli di mana penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli yang berdasarkan pada tumpukan ataupun taksiran semata terhadap barang-barang tertentu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Mekanisme jual beli ikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen yang membeli ikan di pasar tradisional keritang. Berdasarkan hasil uji statistik t seperti yang sudah dipaparkan dalam bab pembahasan bahwa nilai t hitung sebesar 6,286 dan t tabel sebesar 1,998 sehingga t hitung > t tabel, dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Nilai signifikan tersebut lebih kecil dari 0,005 (0,000< 0,05).. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik tingkat mekanisme jual beli ikan maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan konsumen. Perspektif ekonomi syariah sistem jual beli ikan secara jizaf yang di lakukan di pasar tradisional keritang indragiri hilir tidak sesuai Penerapkan sistem jual beli. Di antaranya syarat yang belum di penuhi penjual dalam menerapkan sistem jual beli jizaf, yaitu ikan di timbang terlebih dahulu oleh penjual. Yang mana seharusnya penjual dan pembeli tidak mengetahui secara jelas kadar objek jual belinya, baik dari segi takaran, ataupun hitungannya. Kata Kunci: Pengaruh Jual Beli Dengan Cara Ikan taksir ( jizaf ), Terhadap Kepuasan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:48
Last Modified: 24 Jan 2024 03:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77568

Actions (login required)

View Item View Item