Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SMAN 1 KAMPAR UTARA

IRMA FITRI INSANI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SMAN 1 KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BABIV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)

Abstract

IRMA FITRI INSANI (2023) : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SMAN 1 KAMPAR UTARA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas X SMAN 1 Kampar Utara. Penelitian ini juga mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam penerapan model Think Pair Share. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eskperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Kampar Utara yang berjumlah 56 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X.1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa teknik tes berbicara langsung menanggapi suatu materi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif statistik dan uji t-tes yang dilakukan dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui yang pertama, nilai rata-rata tes keterampilan berbicara siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share yaitu 85,00 dan nilai rata-rata tes keterampilan berbicara siswa kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional yaitu 72,28. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima, karena nilai Thitung > Ttabel 7.017 > 2.030 yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dari penggunaan model Think Pair Share. kedua, terdapat kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru dan dan siswa dalam penerapan model pembelajaran Think Pair Share yaitu banyak menyita waktu dalam proses pembelajaran, tidak semua siswa belajar dengan serius, terdapat beberapa siswa yang ingin ditukar anggota kelompok, serta ketertinggalan materi pembelajaran karena pada proses pembelajaran dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) cenderung membutuhkan waktu yang cukup lama. Kata kunci: Model Think Pair Share, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:56
Last Modified: 24 Jan 2024 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77528

Actions (login required)

View Item View Item