Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF ABJAD A-Z PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK – KANAK ISLAM TERPADU INSAN MADANI PEKANBARU

CITRA EKA PUTRI, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF ABJAD A-Z PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK – KANAK ISLAM TERPADU INSAN MADANI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP EKCUALI HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)

Abstract

CITRA EKA PUTRI (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF ABJAD A-Z PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK – KANAK ISLAM TERPADU INSAN MADANI PEKANBARU Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap kemampuan pengenalan huruf abjad A-Z anak yang mulai berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan penerapan penggunaan media kartu huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan kemampuan pengenalan huruf abjad A-Z melalui media kartu huruf untuk anak 4-5 tahun di di TK IT Insan Madani Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak dengan objeknya peningkatan kemampuan pengenalan huruf abijad A-Z anak kelompok A. Populasi penelitian ini berjumlah 20 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok A yang terdiri dari dua kelas yaitu A1 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas kontrol dan A2 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling artinya pengambilan sampel dimana besar sampelnya sama dengan populasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver.23. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media media kartu huruf terhadap peningkatan kemampuan pengenalan huruf abjad A-Z. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung= 43.572 dan Sig. (2- tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan media kartu huruf dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan media kartu huruf sebelum dan sesudah terhadap peningkatatan kemampuan pengenalan kartu huruf yang berada pada kelas eksperimen. Peningkatan kemampuan pengenalan huruf abjad A-Z untuk anak usia 4-5 tahun melalui media kartu huruf di TK IT Insan Madani Pekanbaru sebesar 63,69 %. Kata Kunci: Kemampuan Pengenalan Huruf Abjad A-Z, Media Media Kartu Huruf

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:37
Last Modified: 22 Jan 2024 06:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77437

Actions (login required)

View Item View Item