Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PERILAKU FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU

USWATUN HASANAH, - (2024) HUBUNGAN PERILAKU FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI USWATUN HASANAH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Uswatun Hasanah, (2024) : Hubungan Perilaku Fear of Missing Out (FoMO) dengan Interaksi Sosial Siswa dan Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 14 Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih terdapat siswa yang takut kehilangan moment atau tertinggal trend yang dikenal dengan perilaku fear of missing out (FoMO). FoMO diketahui dapat mempengaruhi tingkat kualitas interaksi sosial siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran perilaku FoMO, gambaran interaksi sosial siswa dan hubungan perilaku FoMO dengan interaksi sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian adalah 1.120 siswa di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Sampel berjumlah 295 siswa yang ditetapkan dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner FoMO dan interaksi sosial dengan model skala Likert. Data penelitian dianalisis menggunakan deskriptif persentase dan analisis regresi sederhana. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa gambaran perilaku FoMO siswa tergolong cukup tinggi dengan persentase 32.88%, gambaran interaksi sosial siswa cukup tinggi dengan persentase 49.15% dan hubungan perilaku FoMO dengan interaksi sosial siswa memperoleh nilai korelasi -0,977 serta hasil signifikansi 0,000 < 0,005. Dalam analisis determinan diperoleh hasil R square adalah 0,809 atau sama dengan 80,9% dan nilai r sebesar 0,900. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif secara signifian antara FoMO dengan interaksi sosial siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru. Artinya, semakin rendah interaksi sosial siswa maka semakin tinggi perilaku FoMO begitupun sebaliknya. Hasil penelitian ini dapat dijadikan upaya dalam meningkatkan kualitas interaksi sosial siswa di sekolah agar dapat meningkatkan suasana belajar yang baik. Kata kunci : Fear of Missing Out, Interaksi Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:25
Last Modified: 22 Jan 2024 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77427

Actions (login required)

View Item View Item