Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERWATAKAN TOKOH DALAM NOVEL “A SKY FULL OF STARS” KARYA NARA LAHMUSI DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

MEGGI EFENDI PUTRI, - (2023) ANALISIS PERWATAKAN TOKOH DALAM NOVEL “A SKY FULL OF STARS” KARYA NARA LAHMUSI DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MEGGI EFENDI PUTRI (2023) : ANALISIS PERWATAKAN TOKOH DALAM NOVEL “A SKY FULL OF STARS” KARYA NARA LAHMUSI DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Karya sastra adalah hasil imajinasi angan-angan seorang pengarang terhadap kehidupan yang dituangkan dalam bahasa yang dirangkai dalam kata dan gagasan yang ada di dalamnya, yang disebut juga sebagai karya kreatif yang dimanfaatkan sebagai konsumsi intelektual dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perwatakan tokoh dalam novel “A Sky Full of Stars” karya Nara Lahmusi dan implementasinya pada pembelajaran sastra di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kutipan yang ada di dalam novel A Sky Full of Stars. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Raya berwatak ramah, pekerja keras, sederhana, rajin, hemat, tegas, perhatian, pintar, bersyukur, penuh ambisi, tulus, baik hati, motivator, keras kepala, angkuh, mengejek, pemarah, periang, cerdik, ceria, peduli, tidak mau kalah, galak, rapuh, sombong, sabar, judes, lemah dan cuek. Adapun perwatakan tokoh Dirga berwatak sombong, berani, sopan, suka menolong, malas, bijak, santai, cuek dan penyayang, baik, keras, pintar, rendah hati, tidak percaya diri, menyebalkan, ketus, dan tulus. Dianalisis dengan menggunakan telaah perwatakan Aminuddin. Perwatakan tokoh yang ada di dalam novel A Sky Full of Stars ini dapat diajarkanoleh guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran tingkat SMA kelas XII semester II KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Kata kunci: Perwatakan Tokoh, Novel, Sastra Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:17
Last Modified: 22 Jan 2024 03:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77416

Actions (login required)

View Item View Item