Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD ISLAM TERPADU FADHILAH PEKANBARU

RIZKI ALKHINDI, - (2023) PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD ISLAM TERPADU FADHILAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rizki Alkhindi, (2023): Penerapan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komuikasi siswa melalui metode talking stick pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru . penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi siswa diantaranya siswa kurang menghormati , menghargai dan siswa kurang berani dalam menjawab pertanyaan . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas , subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa . sedangkan objeknya metode talking stick dan keterampilan komunikasi siswa . Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan dokumentasi . Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan presentase . Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa metode talking stick dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa . Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan . Keterampilan komunikasi siswa hanya mencapai rata-rata 52,25% dengan kategori kurang karena berada pada rentang 50%-59%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 nilai rata-ratanya meningkat menjadi 67,63% dengan kategori cukup karena berada pada rentang 60%-69%, dan pada siklus II menjadi 78,00% dengan kategori baik karena pada rentang 70%-79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode talking stick dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran bahasa indonesia kelas V sd islam terpadu fadhilah pekanbaru. Kata kunci : Metode Talking , Keterampilan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:33
Last Modified: 19 Jan 2024 04:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77355

Actions (login required)

View Item View Item