Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI WHOLE BRAIN TEACHING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SD NEGERI 105 PEKANBARU

MERI SOVIA, - (2024) PENERAPAN STRATEGI WHOLE BRAIN TEACHING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SD NEGERI 105 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Meri Sovia, (2023): Penerapan Strategi Whole Brain Teaching untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V SDN 105 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya percaya diri siswa dalam belajar. Diantaranya sebagian siswa kurang percaya diri dalam meberikan argumentasi dan bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan percaya diri siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan alam dikelas V SDN 105 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjeknya adalah guru dan 32 siswa kelas V, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan strategi whole brain teaching. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil penelitian dan anlisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi whole brain teaching untuk meningkatkan percaya diri siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan alam dikelas V SDN 105 Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan percaya diri siswa yaitu 39% dikategorikan rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I percaya diri siswa meningkat mencapai 55,93% yang masih tergolong cukup tinggi. Pada siklus II percaya diri siswa meningkat menjadi 85,06% yang sudah sangat tinggi. Dengan demikian strategi whole brain teaching dapat meningkatkan percaya diri siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V SDN 105 Pekanbaru. Kata kunci : Strategi Whole Brain Teaching, Percaya Diri Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:18
Last Modified: 19 Jan 2024 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77351

Actions (login required)

View Item View Item