Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI TAMAN REKREASI ALAM MAYANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATANPEDAGANG MENURUT EKONOMI SYARI’AH

SYAHRON HASIBUAN, - (2024) STRATEGI TAMAN REKREASI ALAM MAYANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATANPEDAGANG MENURUT EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYAHRON HASIBUAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Abstrak Syahron Hasibuan (2024): Strategi Taman Rekreasi Alam Mayang dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Menurut Ekonomi Syari’ah Permasalahan dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh menurunya wisatawan yang berdampak pada perekonomian pedagang kaki lima yang berjualan di Taman Rekreasi Alam Mayang sejak terjadi pandemi 2019-2022 lalu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi Taman Rekreasi Alam Mayang dalam meningkatkan pendapatan pedagang dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah mengenai strategi Taman Rekreasi Alam Mayang dalam meningkatkan pendapatan pedagang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi Taman Rekreasi Alam Mayang dalam meningkatkan pendapatan pedagang, dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi syari’ah mengenai strategi Taman Rekreasi Alam Mayang dalam meningkatkan pendapatan pedagang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif menggunakan analisis data Deskriptif dengan menggunakan teknik data analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats.) metode pengaambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi analisis SWOT wisata Alam Mayang dapat meningkatkan pendapatan pedagang dapat dioptimalisasikan dengan cara meningkatkan atau memaksimalkan potensi yang dimiliki wisata Alam baik dari segi infrastruktur, fasilitas maupun pelayanan sehingga dengan adanya kegiatan pariwisata dan event-event pada objek wisata Alam Mayang mampu membuka peluang usaha dan dapat meningkatkan pendapatan pedagang di sekitar objek wisata Alam Mayang. Adapun kegiatan usaha yang dijalankan pedagang kaki lima sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Syari’ah hal ini dikarenakan usaha yang mereka jalankan terbebas dari unsur riba dan gharar dimana bahan-bahan makanan maupun minuman yang dijual diperoleh langsung dari sumber yang jelas kehalalan dan kebersihannya, serta para pedagang juga tidak terlepas dari nilai-nilai ajaran Islam seperti, nilai kejujuran, nilai ketakwaan, nilai kesucian, dan nilai moral. Kata Kunci : Strategi, Taman Rekreasi, Pedagang, Analisis SWOT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:54
Last Modified: 19 Jan 2024 01:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77347

Actions (login required)

View Item View Item