Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SDN 001 SUNGAI PIRING KECAMATAN BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

M. NURKHOLID, - (2024) PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SDN 001 SUNGAI PIRING KECAMATAN BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV_compressed.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. Nurkholid (2023): Penerapan Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran PKn di Kelas IV SDN 001 Sungai Piring Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode think pair share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan peajaran PKn di kelas IV SDN 001 Sungai Piring Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini penelitian merupakan Peneitian Tindakan Kelas yang subjeknya satu orang guru dan 30 siswa sementara objeknya adalah metode think pair share dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melaui metode pembelajaran think pair share. Grafik peningkatannya tampak dari hasil tes pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran think pair share berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata hasil belajar siswa hanya 66,3 dengan persentase ketuntasan 43,3%. Sementara pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 72,3 dengan persentase ketuntasan 73,3%. Adapun pada siklus II hasil belajar siswa kembali meningkat dengan nilai rata-rata 77 dan persentase ketuntasan 96,7%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa paa muatan pelajaran PKn di SDN 001 Sungai Piring Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir. Kata Kunci : Metode Think Pair Share, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:36
Last Modified: 19 Jan 2024 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77346

Actions (login required)

View Item View Item