Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA TELUK KETAPANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Zikri Husaini, Zikri (2024) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA TELUK KETAPANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)

Abstract

Adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mandiri sebagai program pemberdayaan masyarakat Desa Teluk Ketapang Kabupaten Kepulauan Meranti diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memberdayakan dan mensejahterakan ekonomi masyarakat. Akan tetapi pada pelaksanannya harapan tersebut masih belum terwujudkan. Pemahaman masyarakat terhadap peran BUMDes masih sangat rendah sehingga masyarakat kurang berpartisipasi dalam program pemberdayaan melalui BUMDES. Disisi lain, karena keterbatasan anggaran maka pemberdayaan BUMDes dalam meningkatkan komersil menjadi tidak maksimal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Pelaksanaan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Teluk Ketapang Kabupaten Kepulauan Meranti serta mengetahui Apa kendala Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Pelaksanaan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Teluk Ketapang Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pada indikator pendapatan masyarakat BUMDes Mandiri Desa Teluk Ketapang sudah membuat program-program sosial masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian desa. Adapun partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan BUMDes Mandiri Desa Teluk Ketapang masih sangat rendah. Masyarakat enggan berpartisipasi karena proses pengelolaan yang lama, dan keuntungan yang tidak begitu menjanjikan, terlebih lagi setiap hasil yang didapat harus dibagi lagi dengan upah pekerja anggota BUMDes serta harus disisihkan kembali untuk menjadi modal. Alur tersebut kurang disukai masyarakat karena umumnya masyarakat lebih menyukai dana atau bantuan sosial yang dirasakan secara cepat dan instan yang sifatnya konsumtif pribadi. Maka dari itu diperlukan adanya sosialisasi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia baik yang berasal dari pemerintah desa maupun masyarakat setempat agar partisipasi masyarakat lebih aktif dalam memberdayakan BUMDes Mandiri Desa Teluk Ketapang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Badan Usaha Milik Desa, Pemberdayaan, Ekonomi, Masyarakat
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:45
Last Modified: 19 Jan 2024 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77298

Actions (login required)

View Item View Item