Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT DI MEDIA SOSIAL TWITTER MENGENAI LAYANAN INDIHOME MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER

NURAINUN, - (2024) ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT DI MEDIA SOSIAL TWITTER MENGENAI LAYANAN INDIHOME MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Laporan Nurainun tanpa bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Laporan Nurainun bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Teknologi yang terus berkembang menjadikan Internet sebagai alat yang banyak digunakan. Akses internet biasanya digunakan untuk mengakses media sosial. IndiHome merupakan salah satu produk PT Telekomunikasi. Indihome merupakan penyedia layanan internet yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Respon atau feedback masyarakat terhadap layanan IndiHome menjadi nilai penting bagi perusahaan untuk menentukan kualitas produk. Di era digital saat ini, sebagian besar pelanggan mengutarakan pendapatnya di media sosial twitter. Di jejaring sosial Twitter, masyarakat bisa menyampaikan pendapatnya mengenai layanan indiHome. Layanan IndiHome mempunyai opini positif dan negatif terhadap layanannya. Opini di Twitter dapat dijadikan data untuk analisis sentimen. Pengklasifikasi Naive Bayes dapat digunakan untuk mengklasifikasikan opini menjadi positif atau negatif. Penelitian ini menggunakan dataset yang terdiri dari 3000 tweet layanan IndiHome dengan kategori sentimen positif dan negatif. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa pengujian akurasi tertinggi diperoleh pada pengujian 70% latih dan 30% uji dengan nilai akurasi cukup baik sebesar 82,33%, nilai recall sebesar 32,46%, dan nilai presisi sebesar 68,88%, kemudian dengan pengujian K-fold Cross Validation yang menghasilkan akurasi tertinggi pada pengujian 6 nilai sebesar 89,29%, dengan nilai recall sebesar 50,98% dan nilai presisi sebesar 78,78%. Disimpulkan bahwa Naive Bayes classifier berhasil mengklasifikasikan opini masyarakat terhadap layanan IndiHome di media sosial. Kata kunci: IndiHome, Klasifikasi, k-fold Cross Validation, Naïve Bayes Classifier, Twitter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:23
Last Modified: 19 Jan 2024 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77293

Actions (login required)

View Item View Item