Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU

TASYA ROSMITA MUKHTAR, - (2023) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TASYA ROSMITA MUKHTAR.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tasya Rosmita Mukhtar (2023) : Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Video Animasi terhadap Pemahaman Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAI As- Shofah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran interaktif video animasi terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAI As-Shofah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjeknya adalah siswa. Objek penelitian ini adalah pengaruh pemanfaatan media pembelajaran interaktif video animasi terhadap pemahaman belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa Kelas X dan XI IIS SMA Islam As-Shofah Pekanbaru yang berjumlah 111 orang dengan jumlah sampel sebanyak 86 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil analisis diperoleh bahwa pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi memiliki rata-rata sebesar 73,74 dan tingkat pemanfaatan media pembelajaran interaktif video animasi mencapai 82,79% yang dikategorikan sangat baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran interaktif video animasi terhadap pemahaman belajar siswa di Sekolah Mengah Atas As-Shofa Pekanbaru yang terbukti dari thitung > ttabel baik dari pada taraf signifikan 5% maupun 1% atau (1,989 < 8,549 > 2,372). Persentase sumbangan pengaruh pemanfaatan media pembelajaran interaktif video animasi terhadap pemahaman belajar siswa sebesar 46,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain Kata Kunci: pemanfaatan, interaktif, video animasi, pemahaman dan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:51
Last Modified: 18 Jan 2024 04:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77254

Actions (login required)

View Item View Item