Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS BEBAN KERJA KARYAWAN PT. TRITEGUH MANUNGGALSEJATI (SGB PEKANBARU) DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL TIME EQUIVALENT (FTE) DAN METODE WORKLOAD ANALYSIS (WLA)

GITA SHAKILA PALUPI, - (2024) ANALISIS BEBAN KERJA KARYAWAN PT. TRITEGUH MANUNGGALSEJATI (SGB PEKANBARU) DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL TIME EQUIVALENT (FTE) DAN METODE WORKLOAD ANALYSIS (WLA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
LAPORAN TA GITA NI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perusahaan memiliki target produksi tiap bulan sesuai dengan jumlah permintaan pasar, target produksi ini kerap tidak tercapai karena berbagai hal salah satunya teknisi yang bertanggung jawab dalam operasi mesin. Target yang telah ditetapkan oleh perusahaan belum tercapai pada W01 hingga W05. Hal ini terjadi karena karyawan kurang maksimal dalam melaksanakan pekerjaannya dan juga kurang konsisten dalam melaksanakan tugas wajib yang seharusnya rutin dilakukan. Metode yang digunakan yaitu metode Full Time Equivalent (FTE), karena metode ini sangat cocok untuk menganalisis beban kerja berbasis waktu dengan mengukur waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan kemudian mengubahnya menjadi indeks nilai FTE. Setelah perhitungan FTE didapatkan, maka selanjutnya akan digunakan Metode Workload Analysis (WLA) menggambarkan jumlah pekerjaan yang dibutuhkan dalam suatu departemen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan divisi engineering bagian teknisi memerlukan 14 orang pekerja namun jumlah pekerja actual hanya 9 orang sehingga dibutuhkan 5 orang pekerja tambahan. Namun karena beberappa pertimbangan perusahaan membutuhkan solusi selain penambahan karyawan, yakni dengan pembuatan diagram PDPC yang menemukan akar permasalahan. Hasilnya karyawan memerlukan pelatihan skill, pemberian sanksi tidak disiplin, dan pemerataan jobdesk. Kata Kunci : Full Time Equivalent (FTE), Workload Analysis (WLA), Teknisi, Process Decision Program Chart (PDPC)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:24
Last Modified: 18 Jan 2024 01:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77199

Actions (login required)

View Item View Item