Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GROUP RESUME TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH AL- KHAIRAT PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN

ILPIRA YULIANTI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GROUP RESUME TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH AL- KHAIRAT PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ilpira Yulianti, (2023) : Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Group Resume terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Al- Khairat Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran Aktif Group Resume terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Al- Khairat Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pra Eksperimental Design, dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang mengikuti pada pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Al- Khairat Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan yang berjumlah 15 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan Sampling Jenuh atau sampel total. Sampel penelitian ini ialah kelas XI IPS berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan Paired Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat pengaruh pemahaman siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Aktif Group Resume pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Al- Khairat Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Dibuktikan dengan perhitungan nilai sig (2 tailed) < (0,000 < 0,05). Hal ini berarti bahwa ada pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajaran Aktif Group Resume terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Al- Khairat Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Hasil Mean Postest 80,67 lebih tinggi dari Pretest 39,33. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Group Resume. Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jan 2024 00:54
Last Modified: 17 Jan 2024 00:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76981

Actions (login required)

View Item View Item