Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN DUKUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MASYARAKAT KAMPUNG DOSAN MENURUT EKONOMI SYARIAH

RAPLI ALFARISI, - (2024) PENGARUH EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN DUKUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MASYARAKAT KAMPUNG DOSAN MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rapli Alfarisi (2024): Pengaruh Ekspektasi Pendapatan Dan Dukungan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Masyarakat Kampung Dosan Menurut Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya angka pengangguran di Kampung Dosan, salah satu cara mengatasi jumlah pengangguran yaitu dengan berwirausaha, diantaranya faktor yang menyebabkan orang minat berwirausaha yaitu adanya ekspektasi pendapatan dan dukungan lingkungan keluarga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh ekspektasi pendapatan dan dukungan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha masyarakat Kampung Dosan secara parsial dan simultan, dan bagaimana perspektif ekonomi syariah mengenai pengaruh ekspektasi pendapatan dan dukungan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha masyarakat Kampung Dosan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekspektasi pendapatan dan dukungan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha masyarakat Kampung secara parsial dan simultan, dan untuk mengetahui bagaimana perspektif ekonomi syariah mengenai pengaruh ekspektasi pendapatan dan dukungan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha masyarakat Kampung Dosan Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 41 orang masyarakat Kampung Dosan yang sudah melaksanakan kegiatan berwirausaha. Metode penentuan sampel menggunakan total sampling, sehingga sampel berhumlah 41 orang. Metode pengumpulan data yaitu Kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji t, menunjukkan ekspektasi pendapatan berpengaruh terhadap minat berwirausaha masyarakat dimana nilai thitung 5,017 > ttabel 2,024. Dukungan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausa masyarakat dimana nilai thitung 5,017 > ttabel 2,024. Hasil uji F diperoleh bahwa ekspektasi pendapatan dan dukungan lingkungan keluarga berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha Masyarakat dimana Fhitung 37,472 > Ftabel 3,24. Dan Koefisien Determinasi sebesar 0,646 artinya ekspektasi pendapatan dan dukungan lingkungan keluarga mempengaruhi minat berwirausaha masyarakat sebesar 64,6% sedangkan sisanya 35,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Perspektif ekonomi Syariah tentang pengaruh ekspektasi pendapatan dan dukungan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha Masyarakat boleh saja menaruh harapan tinggi pada berwirausaha, tetapi harus diperhatikan usaha yang dilakukan agar dapat mencapai apa yang diharapkan, lalu islam juga menganjurkan manusia untuk bekerja dan berusaha sesuai dengan syariat islam dan selalu menerapkan jiwa usaha Rasulullah. Kata kunci: Ekspektasi Pendapatan, Dukungan Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha, Menurut Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:30
Last Modified: 16 Jan 2024 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76950

Actions (login required)

View Item View Item