Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUFRODAT GURU SMP IT MUTIARA GLOBAL KAMPAR

LAZITA YELSY RAMADHANI, - (2024) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUFRODAT GURU SMP IT MUTIARA GLOBAL KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS LAZITA YELSY RAMADHANI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lazita Yelsy Ramadhani (2024): Problematika Pembelajaran Mufrodat Guru SMP IT Mutiara Global Kampar. Latar belakang penelitian ini adalah siswa/i SMP IT Mutiara Global belum mahir dalam menulis pembelajaran bahasa arab, sedangkan mereka mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran maharah kitabah siswa/i SMP IT Mutiara Global Kampar. Beserta mengetahui solusi dari problematika bahasa tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model Mills dan Hubberman. Hasil data adalah sebagai berikut: (1) kurangnya respon yang dimiliki siswa/i dalam mempelajari bahasa arab, kurangnya minat dalam mempelajarinya, sedikitnya kosa kata yang dikuasai oleh siswa/i, kurangnya motivasi siswa/i, kurang semangat dalam mempelajari bahasa arab, kurang memahami materi yang disampaikan, tidak adanya praktik diluar kelas, latar belakang siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an, kurangnya partner dari guru yang fokus dalam mengajarkan bahasa arab, lingkungan bahasa yang mendukung, banyaknya jumlah siswa dikelas ketika pembelajaran bahasa arab, sedikitnya jam pelajaran bahasa arab dan metode pembelajaran. (2) menguatkan motivasi siswa/i, guru menasehati siswa/i lebih dari satu kali, problematika yang berhubungan dengan psikologi, minat, motivasi dan lain sebagainya guru berkaloborasi dengan guru BK, guru mengajarkan dengan metode yang bervariasi dan menarik yang dusukai siswa/i, guru juga mengajak siswa/i untuk aktif dalam memepelajari maharah kitabah, guru juga berusaha untuk mengembangkan kompetensinya dengan mengikuti pelatihan dan seminar, membuat program Arabic Day, menempelkan kosakata dan ungkapan-ungkapan di dinding kelas, memaksimalkan lingkungan bahasa dengan baik, membagikan kelas berdasarkan kemampuan siswa/i untuk mempermudah proses KBM. Kata Kunci: Problematika , Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:05
Last Modified: 16 Jan 2024 06:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76923

Actions (login required)

View Item View Item