Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PEKANBARU

DHEA PRATIWI, - (2023) PENGARUH STRATEGI SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP EKCUALI HASIL PENENLTIAN (BABIV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DHEA PRATIWI (2023) : PENGARUH STRATEGI SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep ekonomi di kelas yang menggunakan strategi self regulated learning dengan pemahaman konsep ekonomi yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di kelas IXSekolah Menengah Atas Negeri 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh strategi self regulated learning terhadap pemahaman konsep ekonomi kelas XI IPS, sedangkan sampel penelitian ini adalah adalah kelas IX IPS 5 dan IX IPS 6 dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes “t” dengan taraf signifikan 5% (1,666)maka diperoleh bahwa t hitung > ttabelatau < 6,051 > 1,666 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep ekonomi yang menggunakan strategi pembelajaran self regulated lerning dengan pemahaman konsep ekonomi yang menggunakan strategipembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pekanbaru. Kata Kunci:Pengaruh Strategi Self Regulated Learning, Pemahaman Konsep Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:09
Last Modified: 16 Jan 2024 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76868

Actions (login required)

View Item View Item