Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 MANDAU

Tiara Sri Dasneri, Tiara (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 MANDAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Saku Berbasis Mind Mapping pada materi Ketenagakerjaan untuk kelas XI di SMAN 8 Mandau dengan melakukan uji tingkat validitas yang berdasarkan aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan, serta mengetahui praktikalitas Buku Saku Berbasis Mind Mapping. Jenis penelitian ini menggunakan metode R&D (Reseacrh and Development) penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, design, development, implementation, and evaluation). Instrumen pengumpulan data berupa lembar validitas yang di isi oleh 2 orang validator yang mana hasil yang diperoleh kategori valid dengan memenuhi aspek kelayakan isi 96%, aspek kebahasaan 94%, aspek penyajian 100%, dan aspek kegrafisan 85%. Sedangkan Buku Saku berbasis Mind Mapping yang sudah valid di uji cobakan kepraktisannya dengan memperoleh persentase skor dari respon pengguna oleh guru sebesar 98,75% dan persentase rata-rata oleh peserta didik sebesar 94,97% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa buku saku berbasis mind mapping yang dikembangkan valid dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran pada materi ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku saku berbasis mind mapping, Ketenagakerjaan
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:41
Last Modified: 16 Jan 2024 01:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76851

Actions (login required)

View Item View Item