VIVI ADILLA, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS VIII MTsN 3 RAMBAH. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (992kB) |
Abstract
VIVI ADILLA (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARANBERBASIS VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS VIII MTsN 3 RAMBAH Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan media pembelajaran berbasis video dan tingkat kemampuan siswa dalam membaca puisi serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap kemampuan membaca puisi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 3 Rambah Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 9 kelas dengan total jumlah siswa sebanyak 288 orang siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan model berbasis video dengan jumlah 32 orang dan VIII 2 sebagai kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan model pembelajaran berbasis video atau menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah 32 orang. Analisis data menggunakan analisis secara statistik. Hasil penelitian menjelaskan bahwa sebanyak 3 kali pertemuan dimana pada pertemuan pertama diperoleh persentase sebesar 55,1% tergolong kedalam katagori cukup baik, sedangkan pada pertemuan kedua diperoleh persentase sebesar 65,71% tergolong kedalam katagori baik serta pada pertemuan ketiga diperoleh persentase sebesar 81,43% tergolong kedalam katagori sangat baik. Secara rata – rata secara keseluruhan dari pertamuan pertama sampai pertemuan ketiga diperoleh persentase yang dihasilkan sebesar 67,62% tergolong kedalam katagori baik. Hasil nilai membaca puisi siswa pada kelas eksperimen pada kelas VIII 1 yang mendapat perlakuan model berbasis video diperoleh nilai pre test pada kelas eksperimen sebesar 1.060 dengan rata – rata 33,13 sedangkan nilai post test yang dihasilkan sebesar 1,080 dengan rata – rata 33,75. Pengujian hipotesis dengan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ha diterima dan ho ditolak sehingga menjelaskan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas VIII MTsN 3 Rambah, sedangkan besarnya pengaruh yang dihasilkan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas VIII MTsN 3 Rambah dengan nilai koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 67,64% atau tergolong dalam katagori baik. Kelompok Kata : Media Pembelajaran , Keterampilan Membaca, Puisi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 08:01 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 08:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76747 |
Actions (login required)
View Item |