Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 PEKANBARU

Muhammad Raihan, Raihan (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

LKPD adalah lembaran-lembaran berisi materi, ringkasan, dan tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. LKPD juga merupakan sarana yang dapat mempermudah terbentuknya interaksi antara guru dengan peserta didik. LKPD sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran. LKPD yang dibuat berbasis Discovery Learning. Tujuan penelitian ini dapat menambah ilmu pengetahuan dalam pengembangan pembelajaran, terutama dengan adanya LKPD berbasis discovery learning. Sehingga dapat melibatkan peserta didik untuk menemukan konsep fisika secara aktif. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 4 Pekanbaru dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XII TKJ SMKN 4 Pekanbaru. Model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pembatasan), Design ( Perancangan), Develop (Pengembangan) Disseminate (Penyebaran). pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning diperoleh hasil validasi dan dinyatakan telah memenuhi aspek kelayakan isi dengan persentase 91%, aspek kebahasaan dengan persentase 88,3%, aspek penyajian dengan persentase 91% dan kegrafisan dengan memperoleh persentase sebesar 86,6% serta diperoleh rata-rata sebesar 92,38% dengan memenuhi kategori kelayakan valid dan proses pembelajaran karena diperoleh skor dari respon pengguna sebesar 95,6% oleh guru dan persentase rata-rata sebesar 84,1% oleh peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Discovery Learning dan kewirausahaan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:00
Last Modified: 12 Jan 2024 02:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76623

Actions (login required)

View Item View Item