Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ASAM BASA

SHABIRA ANNISA, - (2023) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHABIRA ANNISA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Shabira Annisa, (2023) : Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Pada Materi Asam Basa Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran sains yang kurang mengembangkan sikap siswa untuk dapat menemukan fakta, membangun ide, atau menerapkan teori dalam lingkungan belajar yang telah diterima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis KPS siswa melalui penerapan model pembelajaran guided discovery learning pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Untuk mengukur keterampilan proses sains siswa, digunakan observasi praktikum, soal tes yang berbentuk essay, dan wawancara siswa sebagai instrument pendukung. Subjek penelitian ini adalah kelas XI Merdeka 2 yang berlokasi di SMA Negeri 2 Tembilahan dan objek penelitian ini adalah keterampilan proses sains menggunakan model pembelajaran guided discovery lerarning pada materi asam basa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Merdeka 2 yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa KPS siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning berada pada kategori baik dengan persentase 78,42% berdasarkan hasil observasi praktikum dan 81,00% berdasarkan hasil tes essay. Indikator KPS siswa yang paling tinggi yaitu pada indikator mengamati dan indikator KPS siswa yang paling rendah yaitu pada indikator meramalkan dan merancang percobaan. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Asam Basa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jan 2024 01:55
Last Modified: 12 Jan 2024 01:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76610

Actions (login required)

View Item View Item