Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMANFAATAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 PEKANBARU

GIVA JUNOFRI, - (2023) PENGARUH PEMANFAATAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

GIVA JUNOFRI (2023) : PENGARUH PEMANFAATAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada kreativitas belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan kreativitas belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Eksperiment dan desain yang digunakan adalah bentuk Posttest-Only Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas XI, sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh pemanfaatan Mind Mapping terhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 697 peserta didik, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas XI D (kelas eksperimen) dan XI E (kelas kontrol) yang berjumlah 80 peserta didik dengan penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes “t” dengan taraf signifikan 5 % (1,664) dan 10% (1,292) maka diperoleh bahwa t hitung > t tabel atau 1,673 > 1,664 untuk taraf signifikan 5% dan 1,673 > 1,292 untuk taraf signifikan 10%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti ada perbedaan yang signifikan terhadap kreativitas belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru. Kata Kunci: Mind Mapping, Kreativitas Belajar Peserta Didik, Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:40
Last Modified: 11 Jan 2024 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76602

Actions (login required)

View Item View Item