RAFIQ HIMMAWAN, - (2023) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAIN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
RAFIQ HIMMAWAN (2023) : PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH BANGKINANG Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI SMA Muhammadiyah Bangkinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Bangkinang yang berjumlah 53 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan Uji T diperoleh bahwa nilai signifikan (2-Tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 (0,000<0,05) yang berarti Ha diterima Ho ditolak.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan metode pembelajaran problem solving terhadap motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Bangkinang memiliki nilai 1,37 > 1,00 maka dikategorikan efek tinggi (Strong Effect). Jika dihitung persentasi yang diperoleh, dapat dilihat besar kenaikan dengan menggunakan rumus = selisih angka/nilai sebelumnya x 100% sehingga diperoleh besar kenaikan 1,45%. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Problem Solving, Motivasi Belajar, Pelajaran Geografi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 08:44 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 08:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76564 |
Actions (login required)
View Item |