Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGINDERAAN JAUH KELAS X SMA NEGERI 1 RUMBIO JAYA

MUHAMMAD NUR HUDA, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGINDERAAN JAUH KELAS X SMA NEGERI 1 RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)

Abstract

MUHAMMAD NUR HUDA (2023) ; PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGINDERAAN JAUH KELAS X SMA NEGERI 1 RUMBIO JAYA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa pada materi Penginderaan jauh di SMAN 1 Rumbio Jaya. Populasi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 124 siswa, salam dalam penelitian berjumlah 62 peserta didik yang terdiri dari kelas XA dengan jumlah 32 Eksperimen) Dan XC dengan jumlah 30 siswa (Kontrol). Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif Hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran yang menggunakan media audio visual memberikan pengaruh yang positif terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media audio visual pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi Penginderaan Jauh. Rata-rata peningkatan minat belajar siswa (pretest dan posttest) pada kelas eksperimen 17.40% sedangkan pada kelas kontrol 3.50% Kata Kunci: Audio Visual, Minat Belajar, Penginderaan Jauh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:38
Last Modified: 10 Jan 2024 08:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76560

Actions (login required)

View Item View Item