ROSA APRILINITA, - (2023) PENGARUH METODE EKSPERIMEN PENCAMPURAN WARNA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TAHFIDZ BAITI JANNATI MARPOYAN DAMAI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (976kB) |
Abstract
ROSA APRILINITA (2023) : PENGARUH METODE EKSPERIMEN PENCAMPURAN WARNA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TAHFIDZ BAITI JANNATI MARPOYAN DAMAI PEKANBARU Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan pada taman kanak-kanak Tahfidz Baiti Jannati Marpoyan Damai Pekanbaru aspek perkembangan kognitif anak kurang optimal, khususnya pengetahuan pada materi pencampuran warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Eksperimen Pencampuran Warna Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Tk Islam Tahfidz Baiti Jannati Marpoyan Damai Pekanbaru. Subjek dalam penelitia‟n ini a‟da‟la‟h guru dan seluruh a‟na‟k kelas Al-kinddi usia‟ 5-6 ta‟hun kelompok TK B, objek penelitia‟n a‟da‟la‟h penga‟ruh metode eksperimen penca‟mpura‟n wa‟rna‟ seba‟ga‟i media‟ pembela‟ja‟ra‟n terha‟da‟p perkemba‟nga‟n kognitif pa‟da‟ a‟na‟k. Popula‟si penelitian ini berjumlah 11 anak dan sampel penelitian berjumlah 11 anak. Penelitian ini menggunakan Teknik total sampling. penelitia‟n ini dikategorikan penelitan kua‟ntita‟tif eksperimen denga‟n metode pre-experimenta‟l design tipe one group pretest-posttest dengan t-test atau uji memiliki rumus thitung > ttabel. Data dikatakan mengalami peningkatan yang signifikan jika sig. < 0,05, jika sig > 0,05 maka H0 diterima, Ha ditolak dan sebaliknya jika sig < 0,05 maka H0 ditolak, Ha diterima dengan bantuan program SPSS Windows versi 2.3. Rumus yang digunakan untuk mengetahui pengaruh eksperimen pencampuran warna adalah rumus gain ternormalisasi dan mendapatkan hasil sebesar 40,8% yaitu berada pada kategori sedang. Dimana penjelasan kategorinya G<30% (rendah), 30%<G<70% ( sedang), G<70% (tinggi). Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data pretests rataratanya 41,4% berada di kriteria MB (Mulai Berkembang). Data postest rataratanya 77,5% berada di kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Berdasarkan hasil analisis data pada kelas eksperimen diperoleh Thitung = 8,448 dan Ttabel = 2,228, maka thitung > ttabel (8,448 > 2,228) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Metode Eksperimen Pencampuran Warna Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK Islam Tahfidz Baiti Jannati Marpoyan Damai Pekanbaru Kata Kunci : Metode Eksperimen, Pencampuran Warna, Perkembangan Kognitif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 07:34 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 07:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76512 |
Actions (login required)
View Item |