Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 RUPAT

FAHMI WAHYUNI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 RUPAT. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FAHMI WAHYUNI (2023) :PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 RUPAT Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 3 Rupat dan mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audio Visual terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 3 Rupat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen. Jenis eksperimen yang dipakai adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian posttest only control design. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah tes unjuk kerja menulis cerita pendek. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, nilai ratarata tes keterampilan menulis cerpen siswa kelas eksperimen adalah 80.43 dengan kategori baik. Kedua, nilai rata-rata hasil tes keterampilan menulis cerita pendek kelas kontrol 71.27 dengan kategori lebih dari cukup. Ketiga terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 3 Rupat. Hal ini dibuktikan Thitung > ttabel (4,437> 1,671) dengan demikian Menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Media Audio Visual, Menulis Cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jan 2024 05:33
Last Modified: 08 Jan 2024 05:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76445

Actions (login required)

View Item View Item