IRFAN HIDAYAT, - (2023) “PENGARUH DUKUNGAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMPN 7 KOTA TANJUNGPINANG”. Skripsi thesis, Univeristas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pengaruh Dukungan Orangtua terhadap Motivasi Belajar Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa SMPN 7 Kota Tanjungpinang Irfan Hidayat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ipandayat46@gmail.com ABSTRAK Covid-19 telah mewabah hampir di seluruh penjuru dunia. Dampak ini juga terasa di dunia pendidikan, pembelajaran daring atau e-learning adalah salah satu cara agar pendidikan dapat terus berjalan dengan bantuan teknologi. Berkaitan dengan motivasi belajar daring selama pandemi Covid-19, salah satu dimensi dari motivasi belajar adalah motivasi ekstrinsik yang bisa didapat salah satunya melalui dukungan orangtua. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh dukungan orangtua terhadap motivasi belajar selama pandemi covid-19 siswa SMPN 7 Kota Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 189 subjek dengan teknik proporsional random sampling. Hasil analisis pearson product moment terhadap dukungan orangtua (X) dengan motivasi belajar (Y) menunjukkan hasil signifikansi 0,000 dengan nilai r sebesar 0,373 dan nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 (p = 0,000 ≤ 0,05). Dengan demikian, ada pengaruh antara dukungan orangtua terhadap motivasi belajar selama pandemi Covid-19 pada siswa SMPN 7 Kota Tanjungpinang. Kata Kunci : Dukungan Orangtua, Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 06:36 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 06:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76384 |
Actions (login required)
View Item |