Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WEB GOOGLE SITES BERBASIS KONTEKSTUAL TERINTEGRASI KEISLAMAN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Arif Ahmadi, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WEB GOOGLE SITES BERBASIS KONTEKSTUAL TERINTEGRASI KEISLAMAN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation and Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan Web Google Sites berbasis kontekstual terintegrasi keislaman pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian dilakukan di SMP Al-Ulum Islamic School Pekanbaru dengan subjeknya adalah ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari dosen, guru matematika dan siswa kelas VIII. Objek penelitian adalah media pembelajaran menggunakan Web Google Sites berbasis kontekstual terintegrasi keislaman pada materi bangun ruang sisi datar. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan soal posttest dengan jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan tergolong kedalam kategori sangat valid (82,72%), termasuk kategori praktis (79,53%) untuk kelompok kecil dan termasuk kategori sangat praktis (86,45%) untuk kelompok besar. Selain itu, rata-rata penilaian hasil belajar siswa untuk kelas ekperimen memperoleh nilai 81,84, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 72,89, dengan demikian produk media pembelajaran menggunakan Web Google Sites berbasis kontekstual terintegrasi keislaman pada materi bangun ruang sisi datar yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran matematika di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:10
Last Modified: 04 Jan 2024 01:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76361

Actions (login required)

View Item View Item