Fakhrusy Syakirin, - (2023) ANALISIS USER EXPERIENCE WEBSITE DIGILIB MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING DAN UEQ. JURNAL INOVTEK POLBENG - SERI INFORMATIKA, 4 (1). pp. 419-430. ISSN 2527-9866
|
Text
Paperr Fix.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Institut Az zuhra Pekanbaru merupakan lembaga yang bergerak di bidang pendidikan komputer. Saat ini yang banyak digunakan di perpustakaan adalah DIGILIB yaitu sistem informasi berbasis web khususnya di Institut Az zuhra Pekanbaru. Hasil survei menunjukkan bahwa masalah pertama mereka merasa tidak cukup puas dengan koleksi buku yang ada dan keakuratan informasi yang DIGILIB. Permasalahan kedua adalah data atau proses yang digunakan terkadang salah atau tidak dapat diandalkan pada saat mahasiswa mengakses pada perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui User Experience pada website DIGILIB. Dengan menggunakan metode Usability Testing Website DIGILIB di peroleh bahwa indikator Learnability memiliki penilaian tertinggi dengan nilai 3,38, peringkat kedua yaitu indikator Efficiency dan Errors. Efficiency dengan penilaian sebesar 3,33, Sedangkan Errors dengan penilaian sebesar 3,33, keempat yaitu Memorability dengan nilai sebesar 3,31, terakhir adalah Satisfaction dengan nilai 3,30, dan menggunakan metode UEQ Website DIGILIB Pada skala Attractiveness, Perspiculty, Efficiency, Stimulation, Depentability dan Novelty menunjukkan positif dengan nilai rata-rata di atas 0,683. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pengalaman pengguna di situs web DIGILIB terlepas dari layanan yang ada, memberikan nilai positif atau baik. Keyword : Institut Az zuhra, DIGILIB, Usability Testing, User Experience Questionnaire(UEQ)
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 03:14 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 03:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76333 |
Actions (login required)
View Item |