TIAMINAH HARAHAP, - (2023) PENGARUH PELAKSANAAN MOVING CLASS TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Tiaminah Harahap, (2023): Pengaruh Pelaksanaan Moving Class terhadap Disiplin Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pelaksanaan moving class sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan disiplin belajar siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan rendahnya disiplin belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan moving class terhadap disiplin belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pelaksanaan moving class terhadap disiplin belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru yang berjumlah 325. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 48 orang. Teknik pengambilan sampel data menggunakan teknik proposional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan uji korelasi product moment dengan bantuan SPSS ver. 25 for windows. Penelitian ini berdasarkan hasil analisis data, terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan Pelaksanaan Moving Class terhadap Disiplin Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru. Hal ini dilihat dari hasil rhitung > rtabel (0,851 > 0,291). Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0.851. Hasil ini menunjukkan sumbangan variabel X terhadap variabel Y sebesar 72,4% dan sisanya 27,6% pemahaman dipengaruhi oleh variabel lain. Maka besar sumbangan variabel X terhadap Y adalah sebesar 72,4% dan 27,6% sisanya pemahaman dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Pelaksanaan Moving Class, Disiplin Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 08:51 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 08:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76326 |
Actions (login required)
View Item |