Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN TAKMIR MASJID AL-HUDA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM BIDANG KEAGAMAAN DIKELURAHAN AIR DINGIN KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU

M. IHSAN ASSIDDIKI HARAHAP, - (2023) PERAN TAKMIR MASJID AL-HUDA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM BIDANG KEAGAMAAN DIKELURAHAN AIR DINGIN KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : M. Ihsan Assiddiki Harahap NIM : 11940110231 Judul : Peran Takmir Masjid Al-Huda Dalam Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Keagamaan Kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru Skripsi ini membahas tentang peran takmir Masjid Al-Huda dalam pemberdayaan masyarakat dalam bidang keagamaan. Fenomena yang peneliti temukan adalah bahwa mereka lemah secara agama, baik pengetahuan, pemahaman dan pengamalan. Dikarenakan pada umumnya pengetahuan agama yang dimiliki sebatas ibadah mahdhah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran takmir Masjid Al-Huda dalam pemberdayaan masyarakat dalam bidang keagamaan di Kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru? Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan informan penelitian berjumlah 6 orang dengan kategori 1 orang sebagai informan kunci dan 5 orang informan pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah adanya Peran takmir Masjid Al Huda dalam pemberdayaan masyarakat dalam bidang keagamaan dengan melakukan pembinaan jam‟ah hal ini dapat dilihat dari keseharian program-program yang ada di masjid Al-Huda seperti : Takmir Masjid membuat program-program maghrib mengaji, pengajian majelis taklim, kajian shubuh, pelatihan fardhu ain dan fardhu kifayah dan penyuluhan. Takmir Memotivasi jam‟ah dari adanya program wirid pengajian dan kajian dengan menghadirkan ustdadz-ustadz luar sehingga dapat membina dan meningkatkan kesadaran jama‟ah. Takmir memfasilitasi jam‟ah dari berjalannya program pengajian, kajian, pelatihan, dan penyuluhan yang menyediakan sarana dan prasarana, konsumsi, memermudah dan mendampingi dari berjalannya program. Kata kunci : Peran Takmir Masjid dan Pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:51
Last Modified: 28 Dec 2023 06:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76260

Actions (login required)

View Item View Item