Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERIHIDROKARBON MENGGUNAKAN INSTRUMENT FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST

SITI PATIMAH, - (2023) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERIHIDROKARBON MENGGUNAKAN INSTRUMENT FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Patimah (2023): Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrument Four-Tier Diagnostic Test Miskonsepsi adalah pemahaman siswa akan suatu konsep yang tidak sesuai terhadap konsep yang diterima secara ilmiah. Materi hidrokarbon merupakan salah satu materi kimia SMA yang berpotensi menyebabkan miskonsepsi dan mengalami kesalahan konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya miskonsepsi siswa serta mengetahui persentase miskonsepsi pesesta didik pada materi hidrokarbon yang teridentifikasi dengan menggunakan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA Robotik di MAN 1 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Test Diagnostic Four-Tier, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi miskonsepsi pada materi hidrokarbon pada semua konsep yang diujikan. Sebanyak 53% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep jenis atom karbon, 47% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep penggolongan senyawa hidrokarbon, 44% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep isomer dan 45% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep sifat-sifat senyawa hidrokarbon. Rata-rata persentase tingkat pemahaman konsep siswa kelas XI IPA MAN 1 Pekanbaru pada materi hidrokarbon adalah 25% siswa paham konsep dengan kriteria rendah, 47% siswa yang mengalami miskonsepsi dengan kriteria sedang dan 28% siswa tidak paham konsep dengan kriteria rendah. Faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada peserta didik lebih didominasi oleh penalaran yang tidak lengkap atau salah dan kemampuan peserta didik yang kurang dalam memahami dan mengingat materi. Kata Kunci: Miskonsepsi, Four-Tier Diagnostic Test, Hidrokarbon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:30
Last Modified: 27 Dec 2023 01:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76215

Actions (login required)

View Item View Item