HIKMA HUTAPEA, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP PEMAHAMAN SISWAPADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI TATA SURYA (THE SOLAR SYSTEM) SMA NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
HIKMA HUTAPEA (2023) ;PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP PEMAHAMAN SISWAPADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI TATA SURYA (THE SOLAR SYSTEM) SMA NEGERI 14 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media grafis terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran geografi materi tata surya (the solar system) SMA Negeri 14 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS yang berjumlah 4 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan media grafis dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media buku cetak. Pengumpulan data dilakukan dengan pretes dan postest pemahaman siswa, dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan statistik parametrik uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media grafis terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi tata surya (the solar system). Rata-rata peningkatan pemahaman siswa pretest dan postest pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan perbandingan 0,83% dan 34.49% Kata Kunci: Media Grafis, Pemahaman Siswa, Tata Surya (The Solar System)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 05:19 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 05:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76153 |
Actions (login required)
View Item |